Gatal merupakan salah satu kondisi yang sangat mengganggu aktifitas sehari-hari. Rasa gatal yang teramat sangat pada beberapa bagian tubuh dapat membuat produktifitas seseorang menjadi berkurang.

Gatal juga menjadi hal yang memalukan jika terjadi pada bagian organ intim terlebih lagi jika pada saat rasa gatal itu muncul, Anda berada di tengah keramaian. Bagi wanita rasa gatal yang terjadi pada vagina menyebabkan perasaan tidak nyaman simak solusinya juga di ID Optimis. Lalu adakah cara menghilangkan gatal pada kemaluan wanita secara alami?

Jika Anda mengalami penyakit gatal, maka hal yang paling umum dilakukan adalah dengan menggaruknya menggunakan tangan Anda, akan tetapi hal ini sebaiknya tidak Anda lakukan sebab tangan Anda merupakan tempat ideal penyebaran kuman, virus dan bakteri. Selain itu, menggaruknya dapat membuat kulit Anda mengalami luka lecet, perih dan kemerahan.

Bagi sebagian wanita yang mengalami rasa gatal pada daerah sekitar organ intimnya biasanya akan menggunakan air hangat atau menggunakan air rebusan daun sirih untuk mengatasinya, sedangkan bagi sebagian wanita lainnya lebih memilih untuk menggunakan sabun khusus untuk membersihkan daerah kewanitaannya.

Namun, perlu Anda ingat bahwa cara yang dilakukan di atas merupakan cara yang dapat digunakan untuk beberapa kasus saja. Adapun untuk kasus gatal pada kemaluan wanita yang disebabkan oleh jamur, bakteri dan parasit, Anda harus melakukan tindakan yang lebih agar rasa gatal yang muncul pada kemaluan dapat segera teratasi.

gatal pada kemaluan

Cara menghilangkan gatal pada kemaluan wanita secara alami

Untuk menghilangkan rasa gatal pada daerah sekitar kemaluan wanita, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut sebagai cara menghilangkan gatal pada kemaluan wanita secara alami, antara lain yaitu:

  • Bawang Putih

Untuk mengatasi rasa gatal yang terjadi pada vagina, Anda dapat menggunakan bawang putih. Dengan kandungan antibakterinya, bawang putih dapat digunakan untuk menghilangkan rasa gatal pada kemaluan wanita secara alami. Adapun cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan bawang putih pada masakan Anda atau dapat dikonsumsi secara langsung. Namun, disarankan untuk tidak mengkonsumsi bawang putih secara berlebihan sebab dapat memicu terjadinya bau yang tidak sedap pada mulut, badan dan ketiak Anda.

  • Cuka Sari Apel

Untuk mengatasi rasa gatal pada vagina selanjutnya, Anda dapat menggunakan cuka sari apel. Menurut penelitian, kandungan yang terdapat pada cuka sari apel dapat mengatasi serangan mikroorganisme yang menjadi penyebab gatal.

Selain itu, sifatnya yang asam akan sangat mempengaruhi hidup bakteri yang terdapat pada vagina Anda sehingga sulit untuk berkembang biak. Cara mengatasi gatal pada kemaluan wanita secara alami dengan menggunakan cuka sari apel adalah dengan mencampurkan 2 sendok makan cuka sari apel dengan air hangat, lalu gunakan air hangat tersebut untuk membasuh organ intim Anda secara rutin dan teratur.

  • Yoghurt

Cara alami selanjutnya yang dapat Anda gunakan adalah dengan mengkonsumsi yoghurt. Dengan rasanya yang asam dan menyegarkan, yoghurt juga ternyata dapat menjadi pilihan Anda untuk mengobati rasa gatal pada vagina. Dengan kandungan zat aktinya, yoghurt mampu menghilangkan bakteri jahat serta menambah bakteri baik yang terdapat pada vagina.

  • Garam

Kandungan zat antibakteri yang terdapat pada garam, ternyata sangat ampuh untuk membasmi dan mengatasi bakteri yang terdapat pada vagina. Selain itu, garam disinyalir mampu untuk mencegah berkembangnya jumlah bakteri jahat yang terdapat di dalam vagina Anda.

Adapun cara menghilangkan gatal pada kemaluan wanita secara alami dengan menggunakan garam adalah dengan melarutkan garam pada air yang akan digunakan untuk membasuh vagina Anda.

  • Kompres dengan Air dingin

Vagina yang gatal ternyata dapat diatasi dengan cara yang sangat mudah, yaitu dengan menggunakan air dingin. Selain air dingin, Anda juga dapat menggunakan es batu yang mempunyai suhu yang lebih rendah untuk mengatasi rasa gatal.

Itulah beberapa informasi mengenai cara menghilangkan gatal pada kemaluan wanita secara alami.