Pengertian Jerawat

Siapa yang tidak kenal dengan jerawat? jawabannya pasti semua sudah mengenal dan bahkan ada orang yang menderita karenanya, terlebih apabila terjadinya pada kaum wanita, muka berjerawat adalah musibah bagi mereka, jerawat dapat mengganggu penampilan serta daya tarik seorang wanita.

Apabila masalah jerawat benar- benar muncul, bisa jadi ada yang sampai tidak berani keluar rumah karena minder atau kurang percaya diri karena di wajahnya banyak timbul jerawat. Ini bukan berita yang mengada- ada atau dibuat- buat, tapi memang begitu adanya.

Peradangan ini disebabkan oleh adanya kotoran yang menyumbat saluran minyak dan kemudian mengguncang bakteri yang menyebabkan infeksi. Bentuk jerawat pada umumnya seperti bisul kecil yang ukurannya bisa sangat berbeda-beda antara satu orang dengan yang lainnya. apalagi jika jerawat tersebut masih baru pasti akan terasa perih.

Penyebab timbulnya jerawat

Penyebab terjadinya jerawat adalah debu atau kosmetik yang tidak dibersihkan secara baik dan benar. Karena penggunaan kosmetik yang tidak cocok dengan kulit dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori kulit dan ini bisa mengakibatkan jerawat. Selain juga terlalu sering mengkonsumsi makanan yang berminyak seperti goreng-gorengan, kacang goreng.

Jerawat juga timbul karena hormon yang tidak stabil. Dan ini bisanya dialami oleh para remaja yang sedang dalam masa pubertas, oleh karena itu para remaja harus lebih update untuk bagaimana cara untuk mengatasi jerawat dengan melakukan perawatan wajah dengan baik dan benar supaya tidak timbul si jerawat yang tidak diinginkan

Ada beberapa jenis jerawat, yakni;

Jerawat nasi

Jerawat nasi adalah jerawat yang ukurannya kecil – kecil dan juga suka disebut sebagai komedo. Dari komedo lama kelamaan bakal menjadi jerawat. Komedo juga banyak ditemui disekitar hidung dan pipi karena daerah tersebut merupakan daerah yang paling banyak mengandung minyak. Seringkali jerawat kecil ini tumbuh di dahi.

Yang mempunyai jerawat ini adalah remaja yang suka malas dalam merawat dan menjaga kebersihan kulit wajahnya. Pada wanita, yang suka dengan gaya poni dapat memicu jerawat pada dahi karena bisa jadi karena rambut yang kotor. Pada umumnya jerawat nasi ini tidak menimbulkan rasa sakit namun sangat mengganggu penampilan.

Jerawat batu

Jerawat jenis batu ini adalah jerawat yang ukurannya besar dan bisa lama sembuh nya, tentu ini sangat mengganggu karena apabila sampai membesar akan muncul nanah di puncak jerawat. Jerawat batu ini muncul di kulit wajah terkadang meninggalkan tanda atau mengakibatkan bopeng di wajah. Inilah yang paling ditakutkan semua orang, terutama wanita. Karena berdampak bisa mengurangi kepercayaan diri mereka.

mengatasi jerawat

Mengatasi Jerawat

Banyak cara untuk mengatasi jerawat, berikut dibawah ini antara lainnya;

Facial

Cara mengatasi jerawat yang baik dan benar adalah dengan melakukan facial wajah sebulan dua kali di salon kecantikan anda.

Listerine mengatasi jerawat

Ternyata, selain untuk membunuh bakteri di dalam mulut karena sisa- sisa makanan, listerine juga bisa untuk membunuh bakteri jerawat. karena kandungan alkohol nya bisa mengeringkan jerawat. Coba deh Ini akan mengurangi ukuran jerawat anda secara drastis!

Garam, madu dan jus lemon

Buat dan campurkan Garam, madu dan jus lemon yang sudah diperas untuk dipakai sebagai masker wajah. Madu juga dapat membuat kulit menjadi cerah.

Pasta gigi

Dengan mengoleskan sedikit pasta gigi pada jerawat dimuka anda dan membiarkan sepanjang malam. Keesokan harinya anda dapat melihat hasilnya saat mencuci muka, anda akan kagum sendiri dengan hasilnya.

Exfoliating Scrub

By the way, cara ini adalah untuk mengatasi bekas jerawat. Campurkan madu, daun teh hijau, sedikit air, dan tepung beras. Mudah, bukan?

Baking Soda

Buatlah seperti pasta dengan bahan- bahan seperti baking soda, jus lemon, minyak pohon teh dan minyak zaitun, dan oleskan ke sekitar muka. Bilas dengan air dingin untuk merapatkan pori-pori. Lakukan cara ini seminggu sekali. Cara ini jua dapat digunakan untuk menghilangkan noda bekas jerawat pada wajah saat sebelum tidur dengan mengoleskannya sedikit tepat di jerawat anda.

Madu, Susu, dan telur!

Untuk resep ini, apa yang anda butuhkan adalah sangat mudah di dapatkan seperti di dapur, seperti campur sekitar 1 sendok makan madu dengan 2 sendok makan susu. Dan apabila jenis kulit kering, anda bisa mencampurkan dengan satu kuning telur. Campurkan semuanya lalu oleskan ke seluruh wajah. Biarkanlah selama sekitar setengah jam.  Lalu cuci dengan air hangat. Gunakan cara ini setiap malam.

Yogurt

Yogurt termasuk mineral dan vitamin yang dapat memulihkan kulit,dari penyakit infeksi.

Jus mint segar

Terapkan jus mint segar di wajah setiap malam. Jus mint segar baik untuk pengobatan jerawat

Madu dan kayu manis

Cara terbaik yang temukan untuk jerawat adalah menggunakan bahan diatas ini sekitar 1 sendok teh kayu manis dan sekitar 3 sendok makan madu.Lalu campur bersama-sama sampai membentuk pasta. Gunakan ini sebagai masker. Pakai ini sampai 1 atau 2 jam lamanya, setelah itu bilas dengan air. Cara ini mampu untuk mengatasi jerawat dengan cepat. Selain itu cara ini bisa membuat kulit anda lembut,

Demikianlah pembahasan mengatasi jerawat dari saya ini, selamat mencoba ya