Sifilis ataupun penyakit raja singa adalah infeksi menular seksual yang dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius jika segera tidak diobati dan ternyata sifilis dibagi menjadi beberapa tahap (primer, sekunder, laten, dan tersier) sehingga ada berbagai tanda dan gejala yang berhubungan dengan setiap tahap.

Perlu Anda ketahui bahwa seseorang bisa terinfeksi sifilis dengan kontak langsung dengan seseorang yang sudah terinfeksi sifilis melalui seks vaginal, seks anal, atau seks oral dan terkadang, penyakit ini bisa ditularkan melalui seseorang dengan ciuman berkepanjangan atau melalui kontak tubuh yang erat.

Seseorang juga dapat menemukan luka yang diakibatkan oleh penyakit raja singa yang terdapat di sekitar area Mr P, Miss V, atau anus, atau di rektum, di bibir, atau di mulut dan ternyata sifilis dapat menyebar dari ibu yang terinfeksi ke bayinya yang belum lahir.

Mengenal Treponema pallidum Bakteri Penyebab Raja Singa

Tahukah Anda bahwa ternyata penyakit sifilis ataupun raja singa disebabkan oleh penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh Treponema pallidum yaitu organisme mikroskopis yang disebut spirochete a.

Dan Treponema pallidum adalah anggota keluarga Spirochaeticea dan terkait dengan genera spirochete lainnya yang memiliki kemampuan untuk menginfeksi manusia, yaitu Borrelia dan Leptospira.

Organisme tersebut ternyata berbentuk spiral yang menyerupai cacing serta dapat menginfeksi seseorang dengan menggali selaput lendir lembab di mulut atau pada alat kelamin dan dari situlah, spirochete menghasilkan ulkus yang tidak menyakitkan yang dikenal sebagai chancre, dan diketahui sifilis terdapat beberapa tahap diantaranya:

  • Sifilis Primer
  • Sifilis Sekunder
  • Sifilis Laten
  • Sifilis Tersier

Perlu Anda ketahui juga meskipun penyakit ini menyebar dari luka namun sebagian besar luka tersebut tidak dikenali, karena seseorang yang terinfeksi mungkin sering tidak menyadari mereka terinfeksi penyakit ini sehingga tanpa sadar mereka telah menularkannya pada pasangan seksual.

Sehingga ada baiknya jika Anda terinfeksi penyakit raja singa maka ada baiknya pasangan Anda juga harus segera diobati agar infeksi sifilis tidak tersebar ke banyak orang.

bakteri sipilis

Lalu, Bagaimana Caranya Untuk Mengurangi Risiko terkena sifilis?

Satu-satunya cara yang paling ampuh dan paling aman untuk menghindari penyakit raja singa adalahuntuk menghindari PMS adalah dengan tidak memiliki seks vaginal, anal, atau oral atau ada baiknya Anda melakukan hubungan seks dengan pasangan yang sudah Anda nikahi.

Selain itu jika Anda aktif secara seksual, maka ada beberapa tips yang wajib Anda lakukan untuk menurunkan peluang Anda terkena sifilis diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Melakukan hubungan seks monogami karena hal tersebut sangat bagus untuk menjaga kesehatan seksual Anda sehingga akan terhindar dari penyakit raja singa
  • Menggunakan kondom lateks dengan cara yang benar setiap kali berhubungan seks. Karena kondom mungkin dapat mencegah penularan sifilis dengan mencegah kontak dengan sakit.
  • Namun terkadang luka terjadi di daerah yang tidak tertutup oleh kondom, sehingga kontak langsung dengan luka ini masih bisa menularkan sifilis.

Apakah saya Berisiko Untuk Mengalami Sifilis?

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa seseorang yang aktif secara seksual dan sering berganti-ganti pasangan bisa mengalami penyakit sifilis melalui hubungan seks vagina, anal, atau oral tanpa kondom.

Sehingga ada baiknya lakukan pembicaraan jujur dan terbuka dengan penyedia layanan kesehatan Anda dan tanyakan apakah Anda harus diuji sifilis atau jenis PMS lain, dan berikut dibawah ini adalah beberapa orang yang harus melakukan pengujian sifilis:

  • Semua wanita hamil harus diuji sifilis pada kunjungan prenatal pertama
  • Seseorang harus diuji secara teratur untuk sifilis jika Anda dan pasangan aktif secara seksual
  • Pria yang berhubungan seks dengan sesama pria (Homo) wajib untuk melakukan tes sifilis

Apakah Penyakit Sifilis Bisa Sembuh lagi?

Setelah pengobatan yang tepat, maka biasanya sifilis tidak kambuh lagi, namun setelah seseorang berhubungan dengan seseorang yang positif terinfeksi sifilis maka kemungkinan besar bisa saja seseorang tersebut terinfeksi sifilis kembali.

Nah, itulah tadi berbagai macam penjelasan mengenai Treponema pallidum yaitu bakteri yang menyebabkan penyakit raja singa dan semoga saja artikel ini dapat menambah wawasan Anda.