pengertian sunat laserSunat merupakan proses pelepasan kulit yang menutupi ujung penis. Di Indonesia sunat sudah menjadi tradisi dan juga kewajiban.

Biasanya dilakukan ketika masih anak-anak, namun ada pula yang sudah dewasa baru melakukan sunat. Banyak alasan yang menjadikan sunat sebagai suatu kewajiban, selain itu termasuk dalam agama ataupun budaya tertentu.

Sunat juga bisa dilakukan karena suatu kondisi medis tertentu. Seperti misalnya ada permasalahan yang dialami alat kelamin pria ini, yaitu contohnya phimosis. Phimosis membuat penderitanya memiliki kondisi kulup yang terasa ketat dan membuat terhambatnya sirkulasi darah dan mengurangi resiko terkena penyakit raja singa.

Sunat sendiri juga memiliki banyak metode untuk melakukannya. Seperti salah satunya adalah metode sunat laser. Sunat laser adalah salah satu pilihan metode sunat yang termasuk populer di kalangan masyarakat Indonesia. Lalu apakah itu sunat laser? Berikut penjelasannya.

Pengertian Sunat Laser

Sunat laser adalah metode sunat yang menggunakan gelombang elektromagnetik yang digunakan menjadi alat potong. Namun karena harga alat laser yang asli sangatlah mahal, maka biasanya sunat laser dilakukan dengan alat cauter yang bersifat panas, dan dilakukan dengan cara berikut:

  • Bius lokal
  • Kulit dijepit dan ditarik menggunakan klem kecil, kemudian kelebihan kulit akan
  • dijepit melintang menggunakan alat klem besar

Setelah itu kulit akan dipotong dengan kawat panas.

Keuntungan Sunat Laser

Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadikan sunat jenis laser di Klinik Gracia Cideng menjadi pilihan banyak masyarakat Indonesia:

  • Proses yang dilakukan dengan sunat ini jauh lebih cepat
  • Proses untuk sembuh setelah sunat juga termasuk cepat
  • Tidak menyebabkan pendarahan yang banyak
  • Setelah sunat, kadang tidak perlu untuk dijahit
  • Proses sunat tergolong lebih bersih

    Manfaat Sunat

    Melakukan sunat banyak sekali manfaatnya, berikut ini adalah manfaat yang bisa dirasakan jika Anda melakukan sunat:

  • Meminimalisir penyakit menular seksual
  • Kebersihan penis menjadi terjaga
  • Terhindar dari penyakit yang bisa menjangkiti penis
  • Menghindarkan pasangan dari kanker serviks

    metode sunatMetode Sunat Yang Lain

    Selain metode sunat diatas, ada beberapa metode sunat yang lain, yaitu:

    Metode Konvensional

    Umumnya menggunakan peralatan bedah ringan. Nantinya, kulup akan dipisahkan dari kepala penis dengan disayat. Kemudian dilanjutkan dengan dorsumsisi, yaitu mengiris bagian permukaan alat kelamin secara vertikal. Setelah prosedur ini, kepala penis akan menjadi tampak lebih jelas. Setelah itu akan dilakukan sirkumsisi, yaitu mengiris kulup secara melingkar, sampai kulup lepas. Kemudian luka akan dijahit dan dibalut dengan perban steril.

    Metode Smartklamp

    Metode baru dengan menggunakan teknologi bernama smartklamp atau alat sunat plastik kecil yang bentuknya seperti galon plastik kecil. Alat ini adalah alat sekali pakai dan akan dibuang setelah luka sembuh. Langkah yang akan dilakukan adalah dengan menarik kulit depan penis ke belakang lalu meletakkan smartklamp di bagian atas dari ujung penis.

Kulup kemudian ditarik ke atas smartklamp lalu dikunci. Kulup tersebut nantinya dipotong dengan menggunakan pisau bedah tepat di atas ring klem, dan smartklemp akan terus menempel pada penis sampai luka sembuh. Dan metode ini tidak memerlukan jahitan.

Metode Taraklamp

Hampir sama dengan smartklamp. Taraklamp dikenal dengan proses sunat yang lebih cepat, steril, tenang dan minim pendarahan, tanpa dijahit, dan juga mengurasi resiko nyeri.

Metode Cincin

Proses yang akan dilakukan adalah ujung kulup akan dilebarkan, lalu ditahan agar tetap meregang dengan memasang cincin yang terbuat dari karet. Kemudian ujung kulup akan menghitam dan lepas sendiri.

Itulah beberapa hal tentang sunat laser dan juga metode sunat lainnya untuk menambah wawasan Anda. Semoga bermanfaat.